Saturday, 31 July 2010

Wisuda


Terima kasih buat semuanya .. Allah SWT, Kedua orang tua saya dan teman2x saya. Begitu juga orang2 terdekat saya.. Thanx atas support-nya. ALhamdullillah saya sudah Lulus dengan gelar S.Ikom .. heheheh







Lanjut Gan......

Sunday, 18 July 2010

Kalo Cinta itu BUKAN Tulus


Anda pasti sering dengar tentang pepatah kuno, "kalo cinta itu tulus". Dimana prinsip yang namanya pamrih ditegakkan , gak ada yang namanya perhitungan atau menagih sesuatu...

Saya cuman ingin sekedar menulis tentang pemahaman teori saya dengan kenyataan yang ada . Hal ini berdasarkan beberapa pernyataan teman-teman saya yang bilang kalo cinta itu bukan logika dan matematika, namun masalah hati. Cinta itu menerima apa adanya, Kalo hati udah "tresno" ya udah bakalan jadi .

Tapi, kayaknya pepatah kuno itu bertentangan dengan teori interpersonal relationship. Coba renungkan teori dalam hubungan interpersonal (2 orang) ini. Menurut teori, Suatu hubungan dua personal yang memiliki kedekatan akan mengarah ke sebuah keintiman. Keintiman ini akan mengembangkan pengetahuan/ jarak antara kedua personal. Tentu saja sebuah kedekatan tidak saja begitu muncul tiba-tiba. Namun ada sejumlah proses yang mempengaruhi suatu hubungan.

Dalam kajian relationship, suatu hubungan dari dua personal dipengaruhi beberapa hal antara lain,
1. Rewards/benefits
2.
Costs/vulnerability
3. Satisfaction
4, Stability and security

Rewards atau benefits berkaitan dengan apa yang masing-masing individu dapatkan dalam sebuah hubungan. Keuntungan tidak sempit, tidak hanya terbatas materi, namun ragam bentuknya.
Cost atau biaya, merupakan faktor dimana akan seseorang akan meninjau kembali untuk menjalin hubungan dengan personal lain. berapa banyak dana yang direlakan!.
Satisfaction merupakan proses lanjutan dimana lebih berbentuk pengungkapan perasaan atas hubungan, apakah ada kepuasan tertentu dalam sebuah hubungan.. atau kepuasan2x lain yang didapatkan.
Sedangkan indikator Stability dan Security, adalah dimana perasaan kenyaman diperoleh setiap pasangan.

Lantas mana dari keempat hal tadi yang berkaitan dengan ketulusan ??

Dari persepsi ini, lantas saya mengartikan bahwa secara teori, mungkin kenyataan, bahwa menjalin hubungan memang ada keempat faktor tadi.

Study kasus, Seorang wanita mencari suami ustadz, dengan harapan anaknya juga saleh dan bisa membimbingnya. Persepsi saya, Harapan = nilai lebih atau benefits yang bisa diberikan si ustadz dibandingkan lelaki lain kepada si wanita dan benefits itu berbeda-beda tergantung target anda.

Misalnya, seorang lelaki ganteng dan kaya akhirnya memilih wanita yang berpendidikan rendah, tapi ngajinya luar biasa meskipun tidak cantik. Hal ini bisa saja karena dengan "spek" begitu si lelaki sudah merasa ada keuntungan buat dia, yakni pinter ngaji. Begitu juga dengan si wanita sudah sangat beruntung bagi dia, mendapat relasi ganteng dan kaya!

Lantas menurut saya, ini bukan konsep "apa adanya atau ala kadarnya", namun lebih mengarah pada konsep "apa yang ada"...

Seorang lelaki tadi akhirnya menjalin hubungan dengan si wanita karena pinter ngaji. Jadi itu benefit buat si lelaki. Sedangkan si wanita, ya sudah jelas beruntung, meskipun dalam harapannya tidak seperti itu. Namun, jika si wanita menolak , mungkin saja target si wanita ternyata bukan lelaki kaya dan ganteng tetapi suami yang seorang ustadz, karena menurut si wanita, benefits itu yang ingin dia dapatkan..

Jadi, menurut persepsi saya, hubungan itu karena ada keuntungan. Seseorang menjalin hubungan karena adanya simbolis mutualisme. Keuntungan ini yang tidak bisa diwujudkan atau dideskripsikan tergantung personal masing-masing.

Bahasa "Tulus" adalah konseptualisasi pelemahan bahasa yang sengaja dihaluskan karena kita hidup dalam konteks masyarakat ketimuran dan cendrung berbasa-basi dengan kenyataan yang ada..

Jadi terlepas dari Konsep "Tulus", benarkah persepsi saya?

Bagaimana menurut anda? apakah memang ada keuntungan bagi anda ketika anda menjalin hubungan dengan pihak lain? [jujur deh] (*)

Lanjut Gan......

Thursday, 8 July 2010

Thanx to ,,,

Akhirnya, kelar juga deh Episode 3 dalam hidup saya. Ya, Kuliah saya udah kelar :) Alhamdullilah . Entah habis ini mau kemana, yang jelas, perjalanan 1.5 tahun mengerjakan skripsi menjadi pelajaran dan memiliki banyak arti dalam hidup saya. Semoga Tuhan memang punya Rencana baik dengan semua ini..

Btw saya mau berterima kasih buat semuanya...atau dalam bahasa skripsinya adalah Halaman persembahan dan kata Pengantar ...

Alhamdulillah. Puji syukur kehadiran Allah SWT akhirnya Skripsi ini selesai juga. Skripsi yang berjudul Analisis strategi Positioning DBL dalam komunikasi pemasaran ini memberikan kekuatan kepada saya untuk berkembang menjadi manusia yang lebih baik dan memahami lebih dalam bahwa kuliah itu tidak sekedar nilai , namun terlebih pada pemahaman mental dan logika, namun sayang, di negeri ini standar nilai masih penting!Kecintaan saya dalam studi Komunikasi Pemasaran membuat saya mempertahankan judul ini sejak pertama kali mengambil mata kuliah MPK. dan alhamdullilah berhasil.

Ucapan terima kasih sebesar-besarnya buat kedua orang tua, kakak, adik tercinta saya yang pada tahun-tahun ini memberikan dukungan semangat dan moral. Terima kasih yang sebesar-besarnya juga kepada Bu Titik, dosen saya, yang sudah dengan sabar dan teliti membimbing. Kepada bu Andria, dosen wali saya, salam hormat dan terima kasih bu sudah sangat sabar, serta para penguji Pak Yan Yan Cahyana dan Bu Ratih Puspa yang sudah berbaik hati. Tak lupa juga kepada dosen 2x lainnya, Bu Rini, Pak Henry, Mas Igak, Bu Mur, Pak Yayan, Pak Suko, Mbak Kandi, Mbak Dina, Mas Irfan, dll.

Sejuta terima kasih buat keluarga kedua saya di DetEksi Jawa Pos. Kepada si bos, Azrul Ananda, yang sudah sangat membantu mempemudah interview, memberikan waktu cuti, dan meringankan semuanya. Juga buat para manager, Mbak Sany, Mbak Bogle, Mas Puji, Mas DonnR, Aziz, Jack-D, Kachu’, Pak Koko, Mas Xapi, Mbak Nora.

Buat kru DetEksi dan DBL Indonesia yang lain, Bung Igoy, Bung Yon, Bung Dean, Potter, Agung, Teh Vido, Alung, Om_beer, Barrel, Anjaru, Gading, Astrid, ..hehehe manjur tuh doa dari kamu :)Partner in crime Pito, Deddy, Arthur, Diyah, Hakim, Taufik (suwion laptop e ) , Ivan, Ronal, Fikri, Aji, Ganda, Lea, Aris, Rendra, Praz.

Dan buat seluruh kru surveyor & penulis even yang sudah memberikan dukungan doa dan menjadikan nyaman kantor biru ini sehingga layaknya rumah sendiri. !!

Buat teman dan sahabat saya, Ika Febri, Thanx ya atas semua bantuannya & doanya...saya belajar banyak dari anda :) keep smile guys! I miss u :)
Buat Dedet musuh saya hahaha tulisan anda bagus ! ajarin dong !
buat hilda yang rela jadi spy ... thanx ya hil....

Fandi, (ayo ke jakarta bro !)
Rezna ...ayo ndang nikah gan !

Vika (jangan begadang terus.. ayo ndang lulus juga ...,
Dewi (dokter gigi buat anak2x saya ntar ya ... gratis lho ya :) ,


Buat sahabat2x rock n roll Yulfi, Anita, Windy , Vivi, dan Dephi (keep Rock guys ), thanx guys udah selalu kasih semangat dan menemani mengerjakan tiap dini hari dengan tweet2x gak penting !! hohoho

Buat teman sekaligus mentor saya, Nisa Kurnia, yang sudah jadi pembimbing maya... thanx nis!! semoga lain waktu saya yang menutor anda !! hahaha

Buat temen-temen seperjuangan yang udah kelar juga, Sinta, Betsa, Rizal, Andi, Suni, Wimar, Devina, Arum, Asri, Disti, Nikki, Andri, Andong, Noval, Ganesh, Qiqi, Maria, Che Che, Okin, Arfa, Jellita, Nurita, Ilmi, Diah, Ika tri, nenek, putri dan semua angkatan nol lima, Diana, & Sandra 2006, . Suwon Rek, .. Semoga kita bisa reuni maneh! Sukses buat kalian !

Dan semua yang sudah membantu saya ... semoga tuhan membalas amal kebaikan anda gan !


Lanjut Gan......

Wednesday, 7 July 2010

Tuesday, 6 July 2010

Lebih Dekat

nDua minggu yang lalu, saya sempatkan ke Gramedia. Tujuannya sih nyari buku marketing buat pelunasan bebas pinjam di perpus. Singkat cerita, saya mudah mendapatkan 2 buku marketing seharga 135 ribu. Kemudian karena masih punya banyak waktu, iseng- iseng muterin ni toko.

Pada satu lokasi toko, akhirnya saya berhenti pada buku2x agama. Pertama cuma iseng aja, tapi pas baca salah satu buku berjudul 131 Kedasyatan Asmaul-Husna.. lah koq tertarik jadi beli buku ini..Harganya cukup murah, hanya sekitar Rp. 21.900 dengan seukuran buku saku,.. mungkin biar mudah dibawa kemana-mana.

Buku ini menurut saya hebat sekali. Pada kata pengantar, penulisnya mengatakan demikian.
Kenali dirimu maka engkau akan mengenal Tuhanmu. dan kalimat berikutnya, berusaha kenali Asmaul Husna maka engkau akan mengenali Allah.
Menurut saya tentu saja dengan mengenal Allah kita akan mendekatkan diri kita kepada-Nya. Itu secara disadari atau tidak oleh diri kita, sebenarnya tujuan anda dan saya hidup ini juga untuk beribadah kepada-Nya,

Buku ini lebih banyak bercerita tentang keutamaan Asmaul husna dengan berbagai manfaatnya.
dan ini beberapa yang saya kutip dari buku yan isinya cukup menginspirasi,

"Mengapa Allah patut dikenali?. Allah adalah Tuhan yang Maha memiliki semua sifat di dunia. Allah Maha Kasih, Allah Maha Mengerti, Semua sifat itu ada Pada-Nya. :Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna:

Intinya disuruh sadar untuk bermohon kepada Allah. karena Tuhan itu Maha Pemurah, maka memintalah pertolongan kepada-Nya melalui asmaul Husna.

Rasullah pun bersabda, Sesungguhnya hati itu berkarat sebagaimana besi berkarat, cara membersihkannya adalah dengan mengingat Allah.

Berikut ini beberapa Asmaul Husna dengan manfaatnya :

1. Yaa Khaafudh sebanyak 500 kali --->> mudah terkabulnya doa
2 .Yaa Waliyy sebanyak 700 kali --->> Mudah melalui rintangan
3. Yaa Lathiff sebanyak 100 kali --->> Melalui Kesulitan.
4. Yaa Rahiim sebanyak 100 kali --->> Disukai semua Makhluk,
5. Yaa Fattah sebanyak 70 kali --> dipermudah segala urusan.
6. Yaa Maliq sebanyak 120 kali
7. Yaa Baaqi sebanyak 113 kali --->> diberi kekayaan
8. Yaa Hamiid sebanyak 66 kali -->> memperindah ucapan ..
dst,,

Semoga ini banyak berguna bagi kalian.. karena menurut saya ini sangat menenangkan hati, dan merupakan salah satu cara untuk memudahkan doa terkabul,
semoga Allah melindungi kita ^_^

Lanjut Gan......